Senin, 02 November 2015

Cara Kerja Static Discharge System Pada Pesawat

Selesai pembahasan, Kenapa Pesawat Tidak Tersambar Petir  Sekarang kita bahas mengenai alat dan Cara Kerja Static Discharge System Yang mana alat ini mampu menangkal efek dari sambaran petir pada pesawat modern saat ini. Alat Yang sepertinya sederhana ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam membantu keamanan pesawat, ibarat dia adalah "perisai" petir. yang akan menetralisir
muatan petir yang mengenai pesawat saat mengudara.

Ketika petir menyambar pesawat, listrik akan mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih runcing yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor pesawat, nah pada ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikan api. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk ke dalam pesawat.  Sehingga,penumpang dan isi dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.

Sumber gambar Facebook
Seperti kita ketahui bersama, Petir muncul dikarenakan adanya tabrakan awan yang memiliki perbedaan muatan listrik. Loncatan muatan yang berbeda juga bisa terjadi antara awan dengan tanah ataupun benda yang bergerak di udara, karena gesekan dengan udara, sehingga timbul muatan listirk statis pada benda tersebut.

Demikian juga dengan pesawat yang sedang terbang, yang mana pada badan pesawar akan terbentuk listrik statis, namun dengan Static Discharge System yang ada pada pesawat, maka muatan listrik yang timbul di pesawat akan langsung dibuang ke udara, sehingga memperkecil kemungkinan kerusakan pada pesawat.

Jika Static Discharge System Pada Pesawat mengalami Kerusakan atau Malfungsi, maka efek dari sambaran petir akan berakibat tidak baik untuk pesawat, bisa ringan hingga fatal akibatnya.
Demikian Cara Kerja Static Discharge System semoga membantu.



19 komentar:

  1. jadi walaupun lagi naik pesawat terbang terus di atas awan lagi hujan dan ada petir besar juga aman ya, baru tau di luar pesawat ada system penangkal petir, soalnya belum pernah naik pesawat hehe

    BalasHapus
  2. kalau tau pesawat bisa aman dari petir saya dari dulu ini teh bisa jalan-jalan ke luar kota pakai pesawat ya :)
    aku masih agak takut naik pesawat soalnya mbak.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, insya Allah Aman kok

      Hapus
    2. ya mungkin karena baca penjelasan dari mbak saya jadi kurang khawatirnya kalo naik pesawat yah.hehe

      Hapus
  3. Kejadian yg aneh pernah saya alami waktu pergi dari Surabaya tujuan Makassar , masak saya tanya sama pramugari mbak...mbak ...ini sampai ke terminal makassar jam berapa? ...spontan temen2 saya yg ada di sebelah nertawain saya , pramugari bilang ini bukan naik bis mas , ini pesawat nanti transitnya di bandara....ha...ha..malu sekali saya wakti itu...maklum wong ndeso mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mas, namanya juga belum tau, dulu ada kakek, malah bingung mau ke toilet gk jadi2 katanya "takut klo buang air kecil kna orang yang dibawah" hehehe

      Hapus
  4. keberadaan Static Discharge System ini sangat penting ya, klo terjadi malfungsi bahaya juga

    BalasHapus
  5. static discharge system penting banget ya kalo sampe rusak bisa kesetrum kayanya yang di dalam

    BalasHapus
  6. Ngomongin soal transportasi yg satu ini mbak , sekarang semakin mudah pesan tiketnya....bisa pesan online via aplikasi smartphone ...,kalau masalah Static Discharge System Pada Pesawat saya tidak terlalu memperhatikan...kalau pas lg naik saya cuma fokus pada nomer kursi , sama curi2 pandang ke wajah imut pramugarinya...hi..hi.

    BalasHapus
  7. Ngomongin soal transportasi yg satu ini mbak , sekarang semakin mudah pesan tiketnya....bisa pesan online via aplikasi smartphone ...,kalau masalah Static Discharge System Pada Pesawat saya tidak terlalu memperhatikan...kalau pas lg naik saya cuma fokus pada nomer kursi , sama curi2 pandang ke wajah imut pramugarinya...hi..hi.

    BalasHapus
  8. Sory mbak dobel klik...jadi ada duplikat komen saya mbak...

    BalasHapus
  9. Jadi pada intinya sebagai penangkal petir ya Mbak, hehe :)

    BalasHapus
  10. Pantas saja aku menjumpai pesawat kenapa setiap sudutnya hampir ada benda lancip diujungnya. Ternyata demi membuang energi listrik dari sambaran petir. Ternyata para ahli pesawat sudah memikirkan dengan matang, demi keamanan penumpang.

    BalasHapus
  11. static discharge meamng salah satu sistem yang digunakan pada pesawat ya mbak, mengmankan peswat dari bahaya petir :)

    BalasHapus

Admin Doakan Yang komentarnya Baik bisa murah rejeki, panjang umur enteng jodoh,,, Aamiin,,,,