Minggu, 26 Juli 2015

Air Terjun Sedudo Longsor

Foto dibawah adalah Air Terjun Sedudo Yang beberapa hari sempat longsor dan memakan korban (yang fotonya beredar di dunia maya) adalah obyek wisata air yang berada di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km ke arah selatan dari ibukota kabupaten Nganjuk. Pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup, dan jalur transportasi yang juga mudah diakses tentunya, sehingga tidak heran cukup banyak pengunjung yang pergi kesana


Air Terjun Sedudo memiliki sisi mistik dan Masyarakat setempat masih mempercayai bahwa air terjun in memiliki kekuatan supra natural. Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (pada kalender Jawa). Konon mitos yang ada sudah sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut tentunya.

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista di Air Terjun Sedudo, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

Akankah setelah kejadian ini dan berakibat meningalnya korban air terjun sedudo, akankah
terjadi hal-hal mistis yang semakin kental disana? mungkin ya...
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Admin Doakan Yang komentarnya Baik bisa murah rejeki, panjang umur enteng jodoh,,, Aamiin,,,,