Sabtu, 04 Juli 2015

Penjelasan Kenapa Air laut Rasanya Asin

Hari Ini ada Mitra / teman Lama / konsumen lama ngobrol sama admin,
Disela-sela obrolan tiba-tiba anaknya tanya ke Admin "Om, kenapa ya air laut itu asin"?
Admin melongo sekitar 1 Detik, dan balik bertanya sambil tersenyum "kenapa tiba-tiba nanya itu"?
Dia jawab "karena setiap Bapak saya tanya, Om bisa Jawab. Jadi saya juga pengen tanya".
Okelah akhirnya admin menjelaskan tentang Kenapa Air laut Itu Asin


Sebenarnya Rasa Asin Yang Ada Pada Air Laut juga berasal dari daratan, penjelasanya adalah Ketika









terjadi hujan dan air jatuh ke daratan kemudian air meresap ketanah, dan mengalir memalui sela-selar tanah betemu kesungai dan mengalir lagi ke laut, Air itu juga membawa garam-garam
 mineral yang ada ditanah. Sehingga garam-garam mineral tersebut berkumpul di dalam lautan luas, Pertanyaanya "berarti pada dasarnya air Yang kita pakai di darat juga ada garamnya donk Min?" jawabnya adalah "iya" hanya kadarnya sedikit, sehingga kurang terasa asinya.

Setelah garam-garam mineral tadi mencapai laut mereka berkumpul, dan kita tau bukan bahwa laut itu luas, lebih luas dari daratan malah. Sehingga hal inilah yang mengakibatkan tingginya penguapan air laut itu sendiri, dan ketika terjadi pengguapan maka garam-garam Mineral tadi tidak ikut menguap dan tetap tertinggal di dalam lautan, Itulah Penyebab Kenapa Air Laut Rasanya Asin.
Namun kadar keasinan air laut itu sendiri juga terpengaruh oleh suhu sekitar, kenapa begitu? Karena semakin panas daerah itu maka tingkat penguapan juga semakin tinggi, sehingga semakin banyak garam-garam mineral yang tertingal  di laut.
Lalu Kenapa Air Danau Tidak Asin? Karena Biasanya permukaan air danau tidak seluas Laut, sehingga penguapan yang terjadi juga tak sekuat yang terjadi pada air laut. Maka kadar air yang keluar dan masuk masih bisa dikatakan seimbang. Dan lagi pada umumnya sumber air danau sangat terbatas, tidak seperti sumber air laut yang berasal dari banyak tempat dan penjuru dunia. Meskipun ada juga danau yang memiliki air asin, ini biasanya terjadi jika danau tersebut hany memiliki saluran masuk dan tak memiliki saluran keluar seperti laut, sehingga ketika terjadi penguapan Garam-garam mineral yang ada meskiput terbatas akan tetap berkumpul di danau tersebut.
Demikian sedikit Penjelasan Kenapa Air laut Rasanya Asin
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Admin Doakan Yang komentarnya Baik bisa murah rejeki, panjang umur enteng jodoh,,, Aamiin,,,,